Desain Elementer
Desain elemeter itu merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Fakultas Desain Seni dan Kreatif pada program studi Desain Komunikasi Visual, yang ada di UNIVERSITAS MERCUBUANA. Dalam mata kuliah desain elementer 1 ini di bimbing oleh salah satu dosen muda dan dia adalah......Ahmad Gozali, S.Sn.
Dan kuliah awal di semester 1, kita akan mempelajari salah satu mata kuliah bisa bikin pusing pusingan yaitu NIRMANA.
AND THIS IS NIRMANA!!
Nirmana merupakan suatu pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna,
ruang serta tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai
suatu hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra(2D), trimatra(3D) yang harus mempunyai nilai keindahan.
Nirmana sering juga disebut dengan nama ilmu tatarupa.
ruang serta tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai
suatu hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra(2D), trimatra(3D) yang harus mempunyai nilai keindahan.
Nirmana sering juga disebut dengan nama ilmu tatarupa.
Jenis Nirmana :
- Nirmana Dwimatra (2 dimensi)
- Nirmana Trimatra (3 dimensi)
Nirmana Dwimatra adalah nirmana dua dimensi biasanya dibuat di atas media canvas atau kertas.
nirmana dwimatra masuk dalam tutorial desain grafis. Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan
elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.
Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus
mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.
nirmana dwimatra masuk dalam tutorial desain grafis. Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan
elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.
Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus
mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.
Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain
pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ).
Pada nirmana dwi matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa
yang pastinya mempunyai kaidah dan prinsip seni rupa.
pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ).
Pada nirmana dwi matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa
yang pastinya mempunyai kaidah dan prinsip seni rupa.
Untuk mendapatkan nirmana dwi matra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran, segitiga,
segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian
rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun dengan cara
memutar objek dua dimensi (rotate), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ), merubah ukuran
( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.
segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian
rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun dengan cara
memutar objek dua dimensi (rotate), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ), merubah ukuran
( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.
Nirmana Trimatra seringkali disebut nirmana tiga dimensi biasanya dibuat sebagai aksen dalam tata ruang.
Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan
tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk
dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.
Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan
tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk
dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.
Nirmana layaknya tutorial desain grafis yang utama, dalam kaitanya sebagai ilmu yang mempelajari core
desain sebelum memasukkannya dalam software desain grafis atau caturan-aturan penting yang wajib dipakai dalam
pembuatan setiap karya desain. Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan
dengan seni rupa dan desain pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ). Pada nirmana tri matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa yang pastinya mempunyai
kaidah dan prinsip seni rupa. Nirmana trimatra mempunyai gempal atau ketebalan dan dimensi yang tidak dimiliki oleh
nirmana trimatra.
Untuk mendapatkan nirmana tri matra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran,
segitiga, segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun
sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun
dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ),
merubah ukuran ( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.
Terkadang untuk membuat nirmana trimatra, dimulai dari pembuatan objek dwimatra yang kemudian ditransformasikan
ke dalam objek tiga dimensi. Di dalam software coreldaw kita sering menyebutnya di extrude. Oleh karena itu
nirmana trimatra bisa disebut dengan nirmana tingkat atau generasi kedua. Perbedaan utama nirmana tri matra dan
nirmana dwi matra adalaah pada bidang dan objeknya.
desain sebelum memasukkannya dalam software desain grafis atau caturan-aturan penting yang wajib dipakai dalam
pembuatan setiap karya desain. Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan
dengan seni rupa dan desain pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ). Pada nirmana tri matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa yang pastinya mempunyai
kaidah dan prinsip seni rupa. Nirmana trimatra mempunyai gempal atau ketebalan dan dimensi yang tidak dimiliki oleh
nirmana trimatra.
Untuk mendapatkan nirmana tri matra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran,
segitiga, segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun
sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun
dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ),
merubah ukuran ( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.
Terkadang untuk membuat nirmana trimatra, dimulai dari pembuatan objek dwimatra yang kemudian ditransformasikan
ke dalam objek tiga dimensi. Di dalam software coreldaw kita sering menyebutnya di extrude. Oleh karena itu
nirmana trimatra bisa disebut dengan nirmana tingkat atau generasi kedua. Perbedaan utama nirmana tri matra dan
nirmana dwi matra adalaah pada bidang dan objeknya.
Prinsip – prinsip dasar seni rupa
Setelah komponen-komponen dasar seni rupa yang telah dipaparkan di atas adapun juga prinsip-prinsip yang harus
diperhatikan dalam membentuk sebuah kesatuan utuh dari karya/desain.
diperhatikan dalam membentuk sebuah kesatuan utuh dari karya/desain.
Kesatuan (Unity)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah
karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak
nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa
mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah
karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak
nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa
mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.
Keseimbangan (Balance)
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah.
Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah.
Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan.
Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua
bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah.
Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah.
Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan.
Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua
bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.
Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah
karya diperlukan perbandingan–perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi merupakan suatu perbandingan
matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang
mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Kononnya perbandingan proporsi ini merupakan
perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga
dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam
perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah
karya diperlukan perbandingan–perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi merupakan suatu perbandingan
matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang
mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Kononnya perbandingan proporsi ini merupakan
perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga
dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam
perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.
Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh
pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya
adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh
pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya
adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa
Karya- Karya Nirmana
Susunan Garis Lurus
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugas yang keliatannya so easy but ini tugas pertama yang ngulang,
Susunan Garis Lengkung
Kertas A3, Cat Poster, Alat tulis
Nirmana yang satu ini its make me cry, karena ga bisa di buat pake alat bantu
Susunan Garis Zig-zag
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugas yang ini sih ga ngulag tapi nilainya kurang memuaskan :''
Garis Spiral
Kertas A3, Cat Poster, Alat tulis
Tugas susah, dapet nilainya ga seberapa dan bikinnya males
Garis dari Susunan Titik
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris lingkaran, Alat tulis
Tugas yang satu ini ribet, karena pertama bikin pola kotak kotak dulu, baru bikin lingkaran, terus diwarnain, dan you know what!! nilainya kecil
Garis Tak Beraturan
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Nilai pertama dan tertinggi di antara tugas tugas yang lain, soalnya tugas ini bikinnya seenaknya kita aja yang penting keliatan tidak berarturan
Komposisi Bidang Segiempat
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Bikin tugas ini memerlukan kerja keras. Harus mikir bikin bentuk apa, sekalinya ketemu bentuknya mirip sama punya temen dan proses warnainnya itu loh bikin males
Komposisi Bidang Lingkaran
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris lingkaran, Alat tulis
Tugas yang ngulang ngulang terus dampe lupa udah berapa banyak
Komposisi Bidang Segitiga
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Pembuatan tugas paling cepet dan ga pake mikir
Komposisi Bidang Simetris
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugas ini bikinnya seadanya, dan senengnya ga ngulang :D
Komposisi Bidang Asimetris
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugasnya browser dulu baru bikin hahahaha
Komposisi Bidang Acak
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugas browser dulu baru bikin Hahahaha
1 Center of Interest
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
its so easy
2 Center of Interest
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
its so easy
Komposisi Warna
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Awkward Moment
Komposisi Warna Panas
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Bikinnya pake SKS (sistem kebut semalam )
Komposisi Warna Dingin
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Bikinnya pake SKS ( sistem kebut semalem )
Pembagian Warna Gelap dan Terang
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugas yang pernah menganggur selama 2 minggu
6 Standar warna ( di campur hitam dan putih )
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Tugas yang pernah menggangur selama 3 minggu
Gradasi Kontras Warna ( 11 x 3 )
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Ini tugas yang tidak bermodal, karena semuanya minjem dan minta : D
Gradasi 6 Standar Warna dari Hitam ke Putih ( 15 x 6 )
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Proses pembuatan terlama, bikinnya 2 hari satu malam
Susunan Kubus
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
Nirmana yang di bikinnya di tempat umum, dan tercepat
Susanan Piramid
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
made by fanish
Susunan Bola
Kertas A3, Cat Poster, Jangka, Alat tulis
Difficult and Hard
Kolase ( Bahan alami )
Kertas A3, Cat Poster, Bahan alami, Alat tulis
so easy
Perubahan Bentuk/Repetisi
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Jangka, Alat tulis
Difficult and Hard
Tekstur Semu
Kertas A3, Cat Poster, Alat tulis
made by fanish
Tekstur Nyata
Kertas A3, Cat Poster, Penggaris, Alat tulis
so easy
Dan akhirnya semua tugas tugas ini telah terlewatkan, THANKS GOD
post ulang gambar nya dong
BalasHapus